Lima Kota Menarik di Indonesia

Mister and Mistriss...
Pada suka jalan-jalan kan? Kalau ane sih suka banget, asal ada uangnya hehehe....makanya kalo jalan-jalan gak usah sok-sok luar negeri. Cukup di dalam negeri aja. Dan ternyata, di dalam negeri gak kalah cantik dengan yang ada di luar. Simak ya...beberapa kota yang pernah ane kunjungin...

1. Yogyakarta

Jalan Malioboro

Kenapa Yogya? Kayaknya jawabannya semua orang juga sudah pada tau. Yogya dikenal sebagai destinasi wisata tidak hanya oleh orang Indonesia saja, tetapi juga di manca negara. Bangga dunk! Di Yogya, suasananya sangat nyaman. Banyak wisatawan bersliweran di mana-mana. Ada yang item-item sampe bule-bule.Setiap saya berkunjung ke Yogya, suasana ramah selalu menyambut saya. Yogya adalah tempat nyaman untuk membuang segala kejenuhan hidup. Coba jalan-jalan ke Jalan Malioboro, mencari souvenir khas, batik atau apa saja yang menarik di sana. Lalu Pasar Beringharjo, pasar batik internasional yang menawarkan segala macam batik dengan harga terjangkau. Asal pinter-pinter nawar yah hehehe...Gak usah jauh-jauh beranjak, naik becak ke Keraton, dan nikmati berjalan-jalan di sana. Kalau lapar, coba nikmati makanan khas di sana...gudeg Jogja yang bakalan buat harimu menjadi semakin manis. Enaknya sih makan Gudheg kendhil, trus lengkap dengan telur pindangnya. Trus untuk jajanan, kamu bisa cobain bakpia patok, yangko dan geplak. Rasanya enak-enak dan harganya pas di kantong. Jajanan itu adalah oleh-oleh wajib bagi siapa saja yang berkunjung ke kota pelajar ini. Kotanya lumayan ramai, angkutan umum gampang, ada bandara internasionalnya juga, lengkap dengan Mall dengan brand-brand ternama. Selain itu, karena penduduknya kreatif, jangan heran kalau kita menemukan banyak musisi jalanan dengan lagu-lagu yang diaransemen ulang dengan alat musik seadanya. Waah..sensasinya keren! Pavarotti aja kalah. Jadi inget lagu Yogyakarta-nya KLA Project.

"Musisi jalanan mulai beraksii...seiring laraku kehilanganmu...."
Mau wisata alam? Coba ke Pantai Parang Tritis yang kesohor itu. Pasirnya putih dan ombak gedhe banget. But, menurut kepercayaan jangan pake baju warna ijo ya? Kenapa? Siapa tau Ratu pantai selatan naksir dan kamu dibawanya ke kerajaannya gak boleh balik. Nah lho! Percaya gak percaya...buktiin sendiri.
Kalo mau berwisata yang ada aroma-aroma ( emang kopi..? ) sejarahnya, boleh mampir ke Monumen Jogja Kembali. Atau mau sekalian ke Candi Brobudur atau Prambanan? Gak jauh-jauh kok dari Yogya. So, Yogya adalah the best destiantion place in Indonesia.

2. Bali
Pura Besakih

Dengan alasan yang sama dengan Yogyakarta, Bali adalah tempat wisata yang terbaik pula di Indonesia. Bahkan banyak turis asing yang bilang kalau Bali adalah surga terakhir di muka bumi. Segitunya ya?
Tapi Bali memang pantasdapat julukan itu. Keindahannya sudah bisa kita cium bahkan sejak kita menginjakkan di pulau ini. Hampir tiap sudut pulaunya adalah kawasan wisata. Ratusan pura dengan arsitektur yang keren adalah magnet bagi wisatawan. Sebut saja, Pura Besakih, Pura Kintamani, Pura Taman  Ayun dan lain-lain. Ritualnya juga sangat menarik. Tari Barong dan Kecak adalah tari yang sangat populer di sana. Di Denpasar, kita bisa melihat sebuah kota modern yang tidak melupakan arsitektur tradisional. Mall-mall mulai bermunculan, juga hotel-hotel dengan berbagai kelas. Bandaranya juga berlevel internasional. Pantai-pantai di Bali juga indah-indah. Ada pantai Tanah Lot yang berombak besar, ada yang bertebing curam tapi mengagumkan yaitu Pantai Uluwatu, Pantai Kuta dengan pasirnya yang lembut dan banyak 'pemandangan alam' di sana. Pantai Sanur, Nusa Dua, Candidasa dan lain-lain. Keindahannya mengundang turis-turis dari bebagai negara untuk singgah ke Pulau Dewata. Mau tempat wisata modern juga ada. Mau ke danau? Datang saja ke Danau Batur. Belum lagi Sangeh, Alas Kedaton, Istana Kintamani, Tenganan dan lain-lain. Buat yang suka hunting kerajinan khas Bali, silakan datang ke Pasar Seni Sukawati. Yang penting pinter-pinter nawar yah. Wuih..seminggu belum kelar muter-muter Bali. Anyway, Bali memang tempat yang sempurna buat berwisata. Penginapan tak terhitung jumlahnya. Makanan? Tuh ada ayam betutu. Pokoknya Bali menawarkan pengalaman seru yang gak terlupakan..

3. Bandung
Gedung Sate

Ibukota provinsi Jawa Barat ini terkenal karena udaranya yang nyaman, sekaligus destinasi belanja pakaian bagi para wisatawan. Tak hanya Indonesia lho, bahkan orang Malaysia juga sering belanja di sini. Gak heran, kalau ane ngeliat Factory outlet ato distro-distro , pasti ane ngebayanginnya kota Bandung. Harga memang cukup bersaing dan pilihannya banyak. Selain menawarkan wisata belanja, kalian juga bisa berkunjung ke Lembang yang lokasinya gak jauh-jauh banget dari Kota Kembang ini. Selain itu, kotanya juga cukup modern. Mall, hotel dan resto bertaburan di mana-mana. Gedung Sate cukup menarik perhatian karena sejarah dan arsitektur gedungnya. Kenapa namanya Gedung Sate? Nah itu yang sedang saya cari. Sementara untuk kuliner, banyak yang enak-enak di kota ini. Coba cicipi Batagor, siomay yang udah gak asing bagi lidah kita. Adapula aneka jajanan khas dan makanan yang sayang kalau dilewatkan. Sebutan Paris van Java sepertinya memang gak berlebihan, tapi di Bandung gak ada menara Eiffel. Tapi nama Bandung kian berkibar karena sekarang juga bisa menikmati wahana hiburan modern baru, yaitu Trans Studio. So, jangan lupa masukkan Kota Bandung ke travelling schedule ya...

4. Jakarta
Jakarta di senja hari.

Kalau ibukota negara ini, jelas-jelas adalah kota metropolitan yang super sibuk. Di mana-mana gedung-gedung menjulang setinggi langit, jalanan yang macet, pejalan kaki, copet, jambret, banjir, pedagang kaki lima dan seabreg permasalahan kompleks lainnya. Trus di bantaran-bantaran kali terlihat rumah-rumah ( bukan rumah kali ya ) kumuh. Di jalan-jalan ada pengamen, pengemis, dan manusia-manusia dengan segala bentuk ragamnya. Menurut saya, Jakarta bukan tempat yang ideal untuk tinggal. Bakalan banyak masalah. Kotanya begitu sibuk dan padat. Saya pernah beberapa kali berkunjung ke sana, dan hampir stress karena gak tahan macetnya. Mana cuacanya panas.
Namun demikian, ada beberapa tempat wisata yang layak dikunjungi di tempat ini. Ada TMII, sebuah wahana wisata yang temanya miniatur Indonesia dalam satu kawasan, dan dilengkapi aneka wahana hiburan lainnya. TMII adalah tempat wisata populer di Jakarta. Bahkan TMII pasti identik dengan Jakarta. Lalu ada Taman Impian Jaya Ancol. Sebuah kawasan pesisir yang disulap menjadi wahana hiburan modern bagi keluarga. Di sini kita bisa nyobain berbagai hiburan kayak roller-coaster, Istana Boneka, sea world, waterpark dan puluhan wahana menyenangkan lainnya. Dan juga Si Manis Jembatan Ancol tentunya. ( Nggak ding! )
Kalau pengen liat wajah aslimu, silakan berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan. Cukup lengkap kok koleksi binatangnya. Selain itu, untuk wisata belanja, Jakarta juga asik. Ada puluhan mall di kota ini. Bahkan jaraknya berdekat-dekatan. Kalau mau yang gak branded dan grosiran, bolehlah ke Tanah Abang. Tapi hati-hati ma premannya yah. By the way, asik juga kalo kemana-mana di Jakarta, karena ada jalur Busway yang meghubungkan kawasan-kawasan penting di Jakarta. Murah lagi bayarnya.
Jangan lupa pula ke Monas, tugu yang jadi kebnggaan warga Jakarta. Sekarang kawasan Monas sudah tertata rapi. Padahal dulu banyak PKL dan copet di sini. Anyway, berkunjung ke Jakarta gak bakalan bosenin kok. Ada aja hiburan di kota ini. Makanan juga enak-enak. Berbagai ragam makanan nusantara ada di kota ini. Cari yang murah-murah aja di pinggir jalan. Banyak kok. Coz kalo ke resto harganya selangit. So, Try Jakarta....


5. Surabaya
Patung Sura dan Baya waktu malam hari

Ha? Surabaya? Kok bisa masuk sih? hehe..sebenarnya Surabaya bukan termasuk kota tujuan wisata. Bahkan hampir gak ada yang spesial dari kota Pahlawan ini. Tapi kota ini mempunyai arti penting bagi sejarah hidup saya, karena saya dulu kuliah di kota ini. Setali tiga uang dengan Jakarta, Surabaya juga diwarnai dengan kemacetan di mana-mana. Cuacanya panas.  Banyak orang jahat berkeliaran di jalan. Surabaya bukan tergolong kota yang ramah buat pendatang. Apalagi kalo kalian punya muka culun, keliatan bego...pasti jadi bulan-bulanan. Untung tampang saya PD abis!
Di Surabaya, kita biasanya nongkrong di Mall-mall elite. Banyak lho mall di sini. Atau kadang kalo mo berwisata, bisa berkunjung ke Pantai Kenjeran yang super kotor itu, atau Kebun Binatang Surabaya, kebun binatang terkejam di dunia. Kenapa begitu? Coba liat berita-berita di TV.
Trus alternatif nongkrong bisa berlanjut ke Tugu Pahlawan atau Taman Bungkul. Suasananya asik. Makanan juga enak dan murah. Gak tau kenapa ane masih sering kangen ma Surabaya. Tapi jangan berwisata ke kawasan Dolly yah hehhe...udah ditutup soalnya!
Nah, di Surabaya juga ada jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya dengan Madura. Ni jembatan terpanjang di Indonesia lho...keren banget kalo pas malam hari. Walaupun gak banyak tempat menarik di sini, Surabaya adalah tempat yang menyenangkan buat saya...:)

0 Response to "Lima Kota Menarik di Indonesia "

Posting Komentar