15 Tips agar tidak mabuk perjalanan.

Mister en Mistriss..
Bagi kalian yang suka travelling, pasti pernah dunk mengalami yang namanya mabuk perjalanan. Atau paling gak pernah ngeliat tetangga,teman seperjalanan atau keluarga yang mengalami mabuk perjalanan. Mabuk perjalanan sendiri punya bahasa keren " Motion Sickness". Orang yang mengalami kondisi ini biasanya ditandai dengan pusing, mual, keringat dingin, wajahnya tegang, gak mau ngomong, dan ujung-ujungnya muntah. Kalo udah muntah, biasanya tubuh terasa lemas dan mau makan jadi terasa gak enak.

Lalu gimana solusinya? Ada kalanya seseorang yang kondisinya tidak fit juga mengalami hal ini. Tapi bisa
saja orang yang sehat wal'afiat mengalami hal ini juga. Ane sendiri kayaknya udah punya bakat mabuk dari kecil. Tapi gak tentu juga. Kadang kuat juga walau naik kendaraan selama berjam-jam. Ada benarnya, kalo mabuk adalah sugesti. So, jangan berpikir tentang Mabuk kalo lagi naik mobil atau kendaraan lain.
Berikut ada beberapa tips yang ane kumpulkan dari beberapa informan hehehe....
1. Pilih duduk paling depan. Ini biasanya ane lakukan walaupun pada dasarnya ane gak suka duduk di depan karena dekat dengan sopir, dan kaki gak bisa selonjoran. Lumayan efektif kok...apalagi kalo sopirnya baik dan ramah.
2. Jangan melakukan gerakan yang macem-macem, seperti kayang dan salto. Berdasarkan pengalaman ane nih...naik mobil dengan membaca, SMS an, BBM an dan lain-lain, akan membuat kepala pusing. So. jangan melakukan hal-hal tersebut. Sebaiknya nikmati aja pemandangan sambil dengerin musik. Itu lebih bijak.
3. Fokuskan pandangan ke arah depan ya...jangan tengak-tengok. Melihat tiang listrik ato pepohonan di kanan kiri jalan hanya akan buat pusing. Tapi kalo liat sawah, gunung atau laut...rasanya akan jadi lebih nyaman.
4. Minum obat anti mabuk sebelum jalan boleh juga. Biasanya obat anti mabuk ini menyebabkan kantuk, sehingga selama perjalanan diharapkan bisa tidur, daripada muntah hehe..saya pernah coba minum Dramamine sebelum perjalanan, dijamin tidur terus sepanjang perjalanan. Boleh juga makan permen jahe atau sari jahe sebelum berangkat.
5. Gak usah makan banyak-banyak. Secukupnya aja. Apalagi makanan yang memicu untuk muntah, kayak telur rebus dsb.
6.Jangan pake parfum atau wangi-wangian yang menyengat. Aroma yang menyengat bisa memicu untuk muntah. Apalagi aroma keringat sopir...
7.Jangan merokok atau duduk deket-deket orang yang merokok...adakalanya asap rokok bisa buat orang mau muntah.
8. Jangan menutup jendela rapat-rapat, kecuali full AC. Usahakan sirkulasi udara tetap lancar, so kamu bisa bernafas dengan lega.
9.Kalo memungkinkan usahakan duduknya menghadap depan dan duduk dengan kepala menyandar untuk menghindari pusing. Kecuali kalo naik angkot..
10. Kalo memungkinkan lagi, usahakan istirahat selama perjalanan barang 30 menit, agar kembali fresh.
11. Jangan duduk dekat dengan orang yang suka muntah, karena biasanya menular.
12. Kalo tahan dengan bau minyak angin, bolehlah bawa minya angin yang aromanya soft, seperti aromatherapy. Jangan balsem.
13. Usahakan atur pernafasan selama perjalanan. Hirup dalam-dalam kemudian hembuskan.
14. Sebelum berangkat, jangan mikir akan muntah. Pikirkankah hal-hal yang menyenangkan selama perjalanan.
15.Berdo'a agar tidak mabuk.

Nah demikian itu tips-tips yang biasa ane terapkan sebelum melakukan perjalanan. Kalo ada yang mo nambahin..silakan ya...

0 Response to "15 Tips agar tidak mabuk perjalanan."

Posting Komentar