Jeruk, Si manis kaya manfaat.

Aneka Macam Buah Jeruk
Pas saya kecil dulu, saya pernah ditanya sama Ibu Guru “ Buah apa yang paling kamu suka?”
Spontan saja saya jawab “ Jeruuuk “. Kenapa? Karena saya suka jeruk hehehe….
Yah, jeruk adalah buah favorit saya. Tapi syaratnya harus dimakan langsung…gak suka kalau dibuat sirup rasa jeruk dan sebagainya. Tapi kalo es jeruk masih suka kok. Paling suka sih Jeruk Keprok ( Citrus reticulata ) Tapi jenis-jenis lain suka juga. Yang paling gak suka Jeruk Bali ( Citrus maxima ), yang ukurannya segede-gede bola basket itu. Jeruk ini menurut ane rasanya hambar dan kurang berair.
Jeruk banyak macamnya. Pokoknya kalo ada buah nama latinnya diawali dengan kata Citrus, pasti sejenis jeruk. Buah ini masuk dalam famili Rutaceae, rasanya manis asem, berair, warna kulitnya ada yang hijau atau ada warna kuning dan oranye. Macamnya juga sangat beragam. Masing-masing memiliki kekhasan rasa tersendiri.

Pohon jeruk biasanya tidak terlalu tinggi, dengan daun kecil yang beraroma khas. Pada Jeruk Nipis ( Citrus aurantifolia ), ada duri-duri di pohonnya. Ia dapat tumbuh di ketinggian 0-400 dpl. Buah ini dapat ditemui di banyak negara, dengan jenisnya masing-masing. Di Indonesia, hampir tiap daerah ada buah jeruk. Harganyapun juga cukup murah. Buah ini banyak mengandung vitamin C, dan cocok dikonsumsi sebagai buah meja atau dijadikan minuman.
Karena kandungan vitamin di dalamnya, jeruk dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung, mencegah sariawan, mencegah kanker, mencegah batu ginjal, menurunkan resiko kanker hati, menurunkan kolesterol, dan lain-lain. Pendek kata, jeruk adalah buah yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Selain harganya yang gak mahal, buah ini relatif mudah dicari. Gak perlu lah ke swalayan-swalayan mahal, cukup di tukang buah pinggir jalan, pasti ada berbagai macam jeruk. Biasanya kalau saya lagi flu atau sariawan, pasti mencari buah jeruk. Bisa meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan virus. Bukan hanya untuk kesehatan, ternyata jeruk nipis juga bermanfaat untuk kecantikan. Bisa untuk mempercantik kulit dan memperkecil pori-pori. Buat yang wajahnya kadang jerawatan, jeruk nipis juga OK untuk dijadikan masker. Jeruk Nipis dan Lemon bisa untuk menghilangkan bau amis. Selama ini jeruk dikenal memiliki vitamin C. Pada kenyataannya buah ini memiliki kandungan gizi esensial yang sangat baik bagi tubuh seperti karbohidrat, kalsium, potassium, folat, thiamin, vitamin B6, magnesium, fosfor, niacin, tembaga, asam pantotenat, dll. Buah jeruk tidak memiliki kandungan lemak, kolesterol, serta sodium. Jeruk hanya mengandung karbohidrat dalam bentuk sederhana yang berupa glukosa, sukrosa, dan fruktosa. Sehingga bagi kalian yang memiliki masalah dengan berat badan atau sedang menjalani diet, tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi buah ini. Manfaat lain dari jeruk adalah untuk membantu memperlambat proses pengosongan lambung, karena jeruk mengandung polisakarida non-pati yang sering kita kenal sebagai serat makanan. Dengan adanya hal tersebut, jeruk dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Selain itu juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Untuk memenuhi kebutuhan serat makanan bagi tubuh , Anda dapat mengonsumsi 1 buah jeruk per hari. Tiap buah jeruk ukuran sedang memiliki kandungan serat makanan sekitar 3,0 g .Nah, jeruk memang banyak manfaatnya. Allah memang mengerti apa yang manusia butuhkan, jadi Ia menciptakan Buah Jeruk buat manusia dengan keaneka-ragaman manfaatnya. So, mari kita menyukai jeruk…..


0 Response to "Jeruk, Si manis kaya manfaat."

Posting Komentar