Lima Sinetron Sampah di Indonesia

Mist/Mistress...
Sebelum nulis ini, ane sudah siapin plastik berlusin-lusin untuk kantung muntah. Sumpah, ane paling males kalo bahas sinetron Indonesia. Ceritanya sering tidak jelas, jiplak, dan tidak mendidik. Proses produksinya juga sangat asal-asalan, dengan set yang seolah-olah di gudang atau halaman belakang sebuah rumah. Tata kameranya juga ancur, spesial efeknya bikin sakit mata, dan akting aktor-aktrisnya sangat lebay. Belum lagi skenario yang buruk dan hampir tak bisa dicerna. So...?

Bukannya ane tidak cinta produksi dalam negeri. Kalo bagus, pasti ane bilang bagus. Ada kok sinetron yang tetap  berkualitas, Si Doel Anak Sekolahan,misalnya. Atau Keluarga Cemara. Ceritanya gak dibuat-buat dan realistis. Mual rasanya melihat sinetron sekarang yang dipenuhi adegan-adegan kebodohan, cinta-cintaan anak-anak ABG bau kencur, dan sebagainya dan sebagainya.
Walaupun berat hati nulis ini, akhirnya ane harus menginfokan kepada teman-teman semua tentang sinetron-sinetron yang sangat tidak  layak tonton. Ini semua semata-mata karena panggilan hati ane ( cie.. ) untuk menyelamatkan generasi muda dari pengaruh sinetron yang tidak mendidik.
Langsung saja ya...
1. Ganteng-Ganteng Serigala ( SCTV )
Ane sengaja menempatkan diposisi atas karena ane terlalu sering banyak keluhan dari berbagai kalangan tentang betapa ancurnya sinetron ini. Tidak mendidik dan tidak menghibur. Semuanya sudah ane bahas di tulisan ane sebelumnya.

2. Diam-diam Suka ( SCTV )


Sinetron ini sama aja dengan GGS. Gak ada hal positif yang bisa diambil dari sinetron ini. Hanya menjual kebodohan-kebodohan. Bisa-bisa IQ kita tambah turun keseringan nonton sinetron ini. Beberapa bintang sinetron ini yaitu Derby Romero, Blink, dan artis-artis muda yang lumayan gak terkenal. Artis-artis kelas C lah. Alih-alih memberi angin segar buat dunia sinetron Indonesia, sinetron ini malah memperburuk dunia sinetron kita. Tokoh utamanya gadis cupu berkacamata dan rambutnya dikepang. Sangat stereotipe dan tidak kreatif. Udah gitu dia banyak dibully sana-sini. Tapi jangankan bersimpati, ane malah pengen ikut nge-bully cewek yang super annoying itu.


3.Kau Yang Berasal Dari Bintang ( RCTI )

Ini adalah titik kuliminasi kebodohan sinetron Indonesia yang sudah jelas-jelas menjiplak dari sebuah drama seri luar. Trik-trik yang ditampilkan sangat kasar dan kuno sekali. Di saat kita berdecak kagum dengan Film-film ala Transformer, di tempat kita masih menggunakan special effect yang ecek-ecek. Bukannya memperindah, malah merusak tayangan itu sendiri.Sinetron ini tidak menjanjikan apapun. Set nya sangat sembarangan dan asal-asalan, skenarionya buruk, pemainnya aktingnya sangat pas-pasan dan dipenuhi oleh ABG-ABG dari Planet Alay, musik sangat menjengkelkan, tidak menimbulkan kesan dramatis malahan bikin puyeng kepala. So? Silakan matikan TV anda dan lihatlah tayangan Si Unyil. Bahkan Si Unyil lebih menarik daripada sinetron ini.

4.Bastian Steel Bukan Cowok Biasa ( RCTI )

Satu lagi bukti kalau produser-produser sinetron Indonesia suka nyontek. Sumpah, seandainya saya jadi JK Rowling, saya tidak akan terima Harry Potter dipelesetkan menjadi Bastian Steel yang super duper Annoying Boy in the World. Saya yang pada dasarnya tidak bersimpati dengan Bastian, jadi tambah ilfil liat sinetron ini. Jalan ceritanya alay dan tidak jelas. Lagi-lagi spesial effeknya sangat buruk. Pemainnya...Oh My Gwod...Bastian ini sama sekali tidak bisa akting. Dia lebay, tapi lagaknya sok jagoan dan sok keren. Gak pantaslah dia jadi Super Hero. Sangat bodoh membandingkan Bastian dengan Daniel Redcliffe. Sama saja dengan menganalogikan coklat dan tai ayam. Dan kalian pasti tau mana yang coklat dan mana yang tai ayam kan?? Saran saya, segera jauhkan keluarga anda dari tayangan tak bermutu ini, atau anda akan tertular virus kebodohannya.

5.Pacarku Manusia Harimau.( MNC TV )

Belum kelar sinetron GGS, muncul lagi varian baru sinetron-sinetron siluman. Parahnya, sinetron ini sama buruknya dengan GGS. Dibintangi oleh artis-artis yang lumayan dikenal dikalangan remaja alay, sinetron ini mulai tayang bersamaan dengan GGS. Pilih mana? Saya pilih matikan TV dan tidur. Betapa kreatifnya para pembuat sinetron ini mencomot binatang-binatang tak berdosa untuk menjadi siluman. Sekarang yang jadi korban Harimau dan Singa...besok? Bisa-bisa cacing dan kutu rambut bisa jadi siluman. Itulah sinetron Indonesia, penuh keajaiban yang sangat merendahkan rasio kita. Ceritanya juga hampir sama. sekumpulan remaja dari Planet Alay yang bersekolah di sekolah kebodohan, dan tiap hari hanya ngurusin cinta-cintaan. Liat pula trik-triknya. Taring palsunya sangat kelihatan kalo bohongan. Jangan pernah habiskan waktu berharga anda untuk nonton sinetron ini....

O ya satu lagi jangan nonton pula FTV-FTV remaja di SCTV. Ceritanya sama dan monoton. Hanya ganti-ganti pemain. Itupun pemain-pemain yang sama yang diputar-putar aja. Tak ada hal positif yang ditawarkan. Ceritanya sangat mudah ditebak. So..beralihlah ke pilihan yang lebih bijak.Jangan biarkan serangan sinetron-sinetron ini memasuki rumah-rumah anda. Sinetron-sinetron di atas adalah sebagian kecil aja. Masih banyak sinetron-sinetron sampah yang belum dibahas. Saya juga tidak mengerti, sampai kapan sinetron Indonesia bebas dari kutukan remaja-remaja alay. Yaah..paling tidak kita nonton sinetron yang ada ceritanya lah.
Sekian.

12 Response to "Lima Sinetron Sampah di Indonesia"

  1. Yoji 1922 says:
    31 Mei 2016 pukul 19.25

    ane sejalan dgn anda..

  2. Unknown says:
    9 Juni 2016 pukul 21.34

    Bener banget... Adek gw bahkan niru2-in yg ada di GGS (-_-')

  3. Unknown says:
    9 Juni 2016 pukul 21.35

    Bener banget... Adek gw bahkan niru2-in yg ada di GGS (-_-')

  4. Unknown says:
    30 Juni 2016 pukul 19.22

    Skrg tambah lagi
    1.mermaid in love(SCTV)
    2.anak jalanan(RCTI)
    3.Romeo dan Juliet(SCTV)
    4.(akan datang)Melodi(Indosiar)

  5. Unknown says:
    1 Juli 2016 pukul 18.34

    Mending nonton upin & ipin daripada harus nonton sinetron alay.

  6. Jawab Yuk says:
    29 Juli 2016 pukul 10.20

    Dari pada nonton sinetron yg jelas² kayak sampah bin limbah kayak gitu mending nonton acara kartun anak², biarin deh orang ngatain kita kayak bocah keseringan nonton kartun dibandingkan nonton sinetron yg membawa virus² kejahatan yg membuat bagsa indonesia menjadi bangsa yg tidak beriman mending nonton kartun yg jelas² mendidik.

  7. Muhammad Yusup says:
    13 Maret 2017 pukul 20.23

    iya gan, sinetron sekarang mah cuma modal ganteng doang, keren, pamer harta.

  8. Unknown says:
    26 Maret 2018 pukul 17.05

    Sepakat banget bro.. Sama nonton spongebob, shaun the sheep, adit sopo jarwo, j town kayaknya memberi hiburan tersendiri dari pada nonton sinetron 4lay

  9. Andy says:
    6 November 2018 pukul 11.46

    udah nggak ada lagi yang seperti si doel anak sekolahan tayangan berkualitas.

  10. Unknown says:
    1 Februari 2019 pukul 08.46

    liat sinetron alay
    rasa rasanya gue pengen ledakin lokasi syutingnya deh

  11. Panji D.S says:
    3 Juni 2019 pukul 02.10

    Begitulah indonesia tayangannya cuman shitnetron doang

    kebanyakan,dikala editan negara lain udah 4k Indonesia masih 8bit

  12. Panji D.S says:
    3 Juni 2019 pukul 02.13

    Yg nomer 1 itu kalo ga salah kayanya parah syutingnya bukan dilaut beneran malah cuman dikolam renang dikasih wallpaper aquarium doang kan aneh gitu.....

Posting Komentar