In memoriam : 6 Serial TV Terfavorit.

Mister en mistriss...

Buat kalian penggemar film seri yang diputar di televisi, dan jika kalian angkatan 'jaman doeloe', pasti kalian kenal dengan salah satu serial-serial ini. Menurut saya, serial-serial TV itu keren, walau ceritanya ribet. Karena dikerjakan secara 'niat' dan profesional, hasil akhirnya juga keren. Berbeda banget dengan sinetron Indonesia yang ceritanya sudah ruwet, dikerjakan dengan asal-asalan...jadinya ancur kan? Bandingkan dengan serial-serial TV berikut :

1. Dynasty
Dynasty adalah drama seri atau bahasa kerennya Opera Sabun paling jadul yang pernah saya tonton. Drama ini tayang tahun 80 an. ( 1980-1989 )So, ane masih balita tontonannya udah kayak gini ya? Hehehe...Sebenernya nggak nonton secara full. Tapi kebetulan aja, Ayah Bunda ane suka ma drama ini. Jadi ikutan nonton. Ane sendiri gak paham konflik apa yang ada di drama ini. Tapi seingat ane, pemainnya keren-keren. Mungkin kalo jaman sekarang tampilannya agak lucu. Sangat 80's. Tapi pas jaman itu, para pemainnya cantik-cantik dan ganteng-ganteng. Pakaiannya juga modis di jamannya ( atau malah kadang gak berpakaian?) Kalo ane lihat, set film nya juga sangat sederhana. Tapi alur ceritanya dibuat rumit dan berbelit-belit. Ceritanya seputar rumah tangga, intrik dan konflik. Kalo versi sinet Indo mungkin Harta,tahta dan wanita. Mungkin sinetron terinspirasi dengan ini ya, tetapi salah pengerjaan..jadi yang ada gagal total. Nama-nama bintangnya mungkin ngetop di taon-taon segitu, seperti Linda Evans yang populer dengan gaya rambutnya. Lalu ada peran antagonis yang diperankan Joan Collins, dan lain-lain.  Opera sabun ini diproduseri oleh Raja Opera Sabun yang kesohor banget, Aaron Spelling. Drama ini dinominasikan jadi drama terbaik Golden Globe Awards mulai tahun 1981-1986, dan kemudian menang di tahun 1984. Serial ini sangat panjang ya...boleh juga dibandingkan dengan sinet Indo terpanjang dalam sejarah umat manusia, yaitu Tersanjung 1-6.


2. Melrose Place

Para pemeran di musim pertama
Nah, kalo yang satu ini adalah opera sabun favorit ane. Bintang-bintangnya muda-muda dan cakep-cakep. dulu setiap Kamis malam jam 21.30 WIB, pasti udah pantengin TV nunggu serial ini di SCTV. Dibintangi oleh Heather Locklear, Grant Show, Andrew Shue, Courtney Thorne-Smith dan lain-lain. Drama ini bercerita tentang sebuah kontrakan elit di kawasan Melrose, yang dihuni orang-orang dengan berbagai karakternya. Banyak konflik, intrik dan persaingan mendapatkan pasangan, sehingga menjadi suatu rangkaian cerita yang menarik. Banyak adegan dewasa dalam serial ini, tetapi toh waktu itu saya tetap bisa nonton juga hehe..Jaman dulu sensor gak seketat seperti sekarang.  Tokoh yang paling saya sukai adalah Amanda Woodward ( Heather Locklear ), karena adalah sosok wanita yang tangguh, berani, cerdas, seksi dan independen. Ia banyak mempunyai musuh, tetapi ia tetap eksis dengan style nya sendiri. Jalinan cerita yang rumit tetapi menarik dan bintang-bintangnya yang keren, adalah kekuatan utama dari serial ini. Serial ini tayang mulai tahun 1992 hingga 1999 dengan 7 musim penayangan. Dalam perjalanannya. setiap musim selalu dipasang wajah-wajah baru yang fresh, sehingga penonton tidak bosan. Produsernya masih Aaron Spelling. Ia memang rajanya Opera Sabun. Agak sedih juga ketika serial ini berhenti tayang dalam cerita yang masih mengambang....

3. Desperate Housewives

Ini adalah drama semi komedi yang menceritakan sekelompok ibu-ibu muda dengan segala permasalahannya di kawasan Wisteria Lane. Mereka tinggal bertetangga, tetapi selalu saja ada masalah di antara mereka. Semuanya dirangkum dalam satu alur cerita yang unik, lucu dan menarik. Ada unsur-unsur ketegangan juga. Jadi ibarat makan permen, kita bisa merasakan manis-asem-asin kayak Nano-Nano. Drama komedi ini dibintangi oleh Teri Hatcher, Eva Longoria, dan beberapa alumni Melrose Place, Marcia Cross dan Doug Savant. Ceritanya menarik, dengan bintang-bintang seksi dan aktor-aktor tampan. Pertama kali nonton lansung suka, karena lucu. Sense of humornya bener-bener bercitarasa Amerika. Banyak kejutan-kejutan tak terduga sepanjang cerita, memaksa penonton untuk terus penasaran dan mengikuti serial ini hingga kelar. Perkelahian antara Teri Hatcher dan Nicolette Sheridan menurut saya juga sangat menarik. Dua artis seksi ini memerankan perannya dengan sangat baik. Semuanya bermain baik. Tak heran jika serial ini banyak mendapat pujian. Masa tayangnya juga panjang, mulai dari 2004-2012, dan dibagi menjadi 8 season. Tapi gimanapun walau sepanjang itu, saya gak boring liatnya.

4. Beverly Hills 90210

Ini adalah opera sabun remaja yang bergenre sama dengan Melrose Place. Hanya saja para pemain di sini lebih muda dan fresh. Ceritanya juga seputar dunia remaja, lengkap dengan segala intrik dan permasalahannya. Mulai ditayangkan tahun 1990 sampai tahun 2000, adalah jangka waktu yang sangat lama. BH 90120 dibintangi oleh bintang-bintang remaja di jamannya, seperti Jason Prietsley, Shannon Doherty, Tori Spelling. Jennie Garth, Luke Perry dan lain-lain.Saya sih pernah nonton tapi setengah-setengah aja, jadi gak tau persis ceritanya. Tapi menurut review yang ada, serial ini cukup populer. Buktinya ditayangkan hingga 10 tahun.

5. 24

Serial ini berbeda genre dengan serial-serial yang telah dibahas sebelumnya. Kalo yang sebelumnya ceritanya seputar kehidupan cinta, intrik dan wanita, serial ini bergenre thriller action. Dibintangi oleh Kiefer Sutherland, yang memerankan sebagai Jack Bauer, seorang agen rahasia antu teroris. Alur ceritanya mendebarkan dan seru, karena sesuai dengan judulnya, jalan ceritanya berlansung selama 24 jam secara real-time, dibagi menjadi 24 episode. Tiap episode berlansung selama 1 jam. Keren kan? Saya langsung tertarik nonton sejak episode pertama, dan setelah itu terus mengikutinya. Banyak negara-negara di dunia memutar serial ini, termasuk di Indonesia. Karena kesuksesannya, delapan musim telah terlampaui. Bahkan ada versi layar lebarnya dengan bintang yang sama.

6. The X Files
Serial ini bergenre thriller, mistery, dan sci-fi juga. Jadi gimana ya? Pokoknya di sini banyak dibahas hal-hal yang misterius, konspirasi, takhyul, supranatural dan sejenis itulah. Bahkan berhubungan juga dengan misteri-misteri yang ada di dunia, alien dan UFO. Dua agen FBI yang cerdas, yang diperankan oleh David Duchovny ( Fox Mulder ) dan Gillian Anderson ( Dana Scully ). Menurut saya, ini adalah serial yang brillian. Semua kejadian dikaitkan dengan sains dan ilmu pengetahuan. David Duchovny dan Gillian Anderson memerankan peranannya dengan sangat bagus. Mereka sangat serasi dan chemistry antara keduanya sangat bagus. Tak heran kalau serial ini menjadi serial terhebat sepanjang masa setelah Star Trek. Serial The X Files berjalan selama 9 musim, dari tahun 1993 sampai tahun 2002. Cukup panjang ya? Mereka seolah gak ada matinya untuk menciptakan kasus-kasus baru menarik untuk dibuat film. "The Truth is Out There" merupakan slogan yang sangat terkenal pada masanya. Saya lagi nungguin, kapan The X Files season 10 diputar?




0 Response to "In memoriam : 6 Serial TV Terfavorit."

Posting Komentar