Tips Berbelanja di Pasar Seni Sukawati


Alkisah, beberapa tahun lalu saya berkesempatan untuk berkunjung ke Pulau Dewata. Pulau ini sangat tersohor keseantero penjuru dunia karena keindahan alamnya. Tak heran pulau ini menjadi destinasi tujuan wisata utama beberapa agen travel. Mungkin itu juga salah satu sebab pulau ini dijuluki ‘ Island of Paradise’.
Langsung saja, setelah ane mendarat di Pelabuhan Gilimanuk ( Ane lewat jalan darat dengan pertimbangan lebih banyak pengalaman yang diperoleh ), ane langsung naik mobil menuju ke Denpasar. Perjalanan cukup melelahkan, but It’s OK. Penginapan kami terletak sangat dekat dengan Pantai Sanur. Jadi hanya berjalan beberapa ratus meter saja kami sudah bisa melihat Pantai Sanur.
Hari berikutnya, kami menikmati tempat-tempat wisata yang memang sudah menjadi tujuan wajib bila ke Bali. Pantai Kuta, Pura Besakih, Pura Taman Ayun, Pelabuhan Benoa dan lain-lain. Semuanya indah dan memuaskan.
Ada satu kejadian unik menurut ane saat rombongan kami mengunjungi Pasar Seni Sukawati. Pasar ini terletak di Desa Sukawati, Kab. Gianyar. Atau sekitar satu jam lah dari Denpasar. Pasar Sukawati menjual pakaian-pakaian dan kerajinan khas Bali. Pasarnya besar dan tempat parkirnya luas. Kami berkunjung pada siang hari dan suasananya terlihat agak crowded. Sebelumnya kami berbekal cerita kalau harga-harga di sini lumayan murah. Mulailah kami hunting sana-sini. Beberapa buah kaos ane beli untuk oleh-oleh. Kalo ada yang bilang harganya murah tidak sepenuhnya benar. Harganya memang murah, kalo kita pandai menawar. Jangan khawatir untuk menawar dengan harga serendah mungkin. Kalau kita beruntung, barang akan diberikan dengan tawaran harga terendah kita. Ini berlaku untuk semua produk. Semuanya cantik-cantik dan unik-unik. Bisa jadi harga berbeda-beda antar penjual. Tergantung seberapa pandai kita menawar.
Di saat berbelanja, ane tertarik dengan sebuah patung pajangan yang terbuat dari kayu mengkilap.
 Ane pikir, wah..keren kayaknya kalo dipajang di ruang tamu. Mulailah kami mengadakan negoisasi.
Demikianlah petikan dialognya.
“Barapa harganya Pak?”
“Seratus Ribu…”
“Mahal amat…”
“Boleh kurang..”
“Lima puluh ribu aja ya…” tawar ane.
“Gak bisa…”
“Oh ya udah kalo gitu..” Ane pun ngeloyor pergi, pura-pura gak terlalu butuh ( Biasalah, trik…) Tiba-tiba pedagang patung itu bergegas menghampiri ane.
“Ya sudah, silahkan ambil..” pedagang itu menyodorkan sebuah patung. Tapi tunggu….patung ini memang bentuknya sama dengan yang ane lihat tadi. Ukuran dan warnanya semua sama. Tapi, kalau kita jeli melihat ternyata kualitasnya sangat berbeda. Jenis kayu dan peliturannya sangat kusam. Berbeda dengan yang ditawarkan tadi. Tentu saja ane menolak.
“Lho..kok beda sama yang tadi”
“Tidak. Ini patung yang tadi kok…”
“Nggak kok. Ini berbeda sekali….gak jadi kalo begitu..”
“Lho situ kan sudah nawar…kok gak jadi dibeli?”
“Habis beda patungnya…gak ah…saya gak jadi beli…”
 “Dasar Setan!!!!”
Ane ngeloyor pergi, tanpa memperdulikan umpatan penjaul patung itu. Hmm..dari pengalaman itu, bisa ditarik pelajaran, gak semua penjual di Pasar Seni Sukawati itu jujur. Mungkin bukan hanya ane yang hampir menjadi korban. Maklumlah, kita kan orang awam. Bagaimanapun kita wajib berhati-hati. So, kalau temen-temen shopping ke sana, sekali lagi amati betul barang yang hendak dibeli, jangan sampai ditukar dengan barang yang serupa tapi tak sama. Waspada itu perlu.
Tips berbelanjanya sebagai berikut :

1.       Siapkan uang kecil yang banyak. Tapi jangan juga uang recehan. Jangan sampai kita dibikin ribet dengan urusan ini.
2.    Periksa betul-betul barang yang hendak dibeli, harus sama dengan barang yang ditawarkan.
3.    Jangan terjebak harga murah, tetapi tidak berkualitas
4.    Tawarlah harga serendah-rendahnya, jangan pedulikan wajah penjualnya yang mulai jutek melihat tingkah laku anda.
5.    Tetap waspada, kalau perlu sewa beberapa bodyguard,  karena bukan tidak mungkin ada orang yang berniat tidak baik sedang mengawasi Anda.
6.    Jangan berlagak sok kaya ya…kalau gak ingin harga dinaikin, tapi jangan juga berlagak sok melarat…
J

Anyway…Happy Travelling ya…

0 Response to "Tips Berbelanja di Pasar Seni Sukawati"

Posting Komentar