Ebola, Penyakit Maut dari Afrika

Mister en Mistriss...
Pernahkah kalian mendengar nama penyakit ini? Belakangan ini Ebola menjadi santer dibicarakan di media-media karena penyakit mengerikan ini telah sukses memakan korban ribuan jiwa di seluruh dunia. Tidak hanya di Afrika, tempat penyakit ini berasal, tapi sudah menginvasi Amerika dan Eropa. Awalnya saya membayangkan Ebola ini adalah penyakit seram serupa dengan AIDS. Ternyata Ebola sama seramnya denga AIDS. Ini adalah wabah yang paling mematikan, sejak ditemukan tahun 1976.  Saya terkejut sekali ketika TV menyiarkan 2 orang suspect yang dicurigai menderita Ebola di Madiun dan Kediri ( Buseeet...tuh kan kampung halaman ane ), walau akhirnya dinyatakan negatif. Salah seorang dari mereka baru pulang dari Liberia, dan tentunya bukan untuk berlibur.
Lantas apa sih sebenarnya penyakit Ebola itu?

Penyakit Ebola disebabkan oleh virus, yang biasanya disebarkan oleh babi, monyet atau kelelawar. Nah, makanya bagi kalian yang masih berteman dengan binatang-binatang itu harap waspada yah. Penularannya sendiri melalui darah atau cairan tubuh binatang yang terinfeksi. Jadi, kalau bergaul yang aman-aman aja. Bisa juga loh virusnya menular antara manusia dengan manusia, walau gak lewat udara. Penularannya melalui udara dan cairan tubuh juga. Jadi hati-hati dengan temen kalian yang suka buang ingus sembarangan.Trus juga lewat muntah seseorang. Virus Ebola juga bertahan hidup di permukaan benda-benda. Kalian harus memakai alat pengaman yang lengkap yah...terutama kalo kalian ke Liberia atau Sierra Leone. So, kalian harus cari aman deh.  Trus apa gejala-gejala orang yang terinfeksi Ebola?
Nah, seseorang yang terinfeksi, biasanya gejala akan muncul sekitar 8-10 hari. Gejala awalnya sih kayak orang kena flu. Biasanya demam, pusing, nyeri otot, kemudian diare dan muntah-muntah. Kalo gak segera ditangani, kondisi akan semakin memburuk. Virus ini akan menyerang dengan mengerikan. Penderita mengalami pendarahan internal yang mengakibatkan muntah darah atau kencing darah ( Idiih..kencing nanah aja sudah mengerikan...) Selain itu, darah juga keluar lewat pori-pori kulit, hidung, mata, telinga dan mulut. Akibatnya, tekanan darah menurun drastis dan membuat ginjal, jantung, dan hati berhenti bekerja. Inilah yang membuat penderitanya meninggal.
Yang lebih parah lagi, sampai saat ini belum ditemukan vaksin yang bisa menangkal penyebaran penyakit ini. Gimana gak serem coba? Sekali kena Ebola...berarti serasa kontrak dengan maut.  Yang bisa kita lakukan adalah mencegah supaya kita gak terinfeksi. Caranya? Hindari orang-orang yang terindikasi terinfeksi Ebola. Jangan sampai berinteraksi atau terkena cairan tubuhnya. Intinya, jangan pergi ke Afrika dulu. Trus sering-sering lah cuci tangan. Virus mudah sekali nempel di tangan. Apalagi kita suka gak nyadar pegang-pegang sesuatu pake tangan, trus pegang mulut, hidung dan lain-lain. Hati-hati juga kalo makan buah. Jangan ada yang bekas gigitan kelelawar. Sapa tau kelelawar tuh pembawa virus Ebola. Jangan pula makan daging yang gak dimasak dengan benar.
Dan yang terakhir, banyak-banyak berdoa aja...moga kita dijauhkan dengan penyakit yang mengerikan ini. Amiin.

0 Response to "Ebola, Penyakit Maut dari Afrika"

Posting Komentar