Waspada Eksim!

Mister en Mistriss..
Jika suatu saat kalian mengalami gangguan kulit berupa gatal-gatal di tangan atau kaki, yang pada awalnya bintik-bintik merah, kemudian meluas kemana-mana...jangan abaikan. Bisa jadi itu eksim. Kali ini kita coba bahas yah apa itu eksim..


G E J A L A
1. Kulit terasa gatal banget, terutama pada malam hari. Tapi usahakan jangan digaruk yah...ntar bisa-bisa malah infeksi.
2. Kulit beruam kemerahan, timbul lepuhan yang mengeras, kulit bersisik dan mengganggu. Biasanya sih di jari-jari tangan atau kaki. Bisa juga di pergelangan tangan, siku, lipatan-lipatan tubuh, leher atau lutut bagian dalam.
3. Ada 2 macam eksim yah. Eksim basah dengan Eksim kering. Sesuai namanya, eksim kering menimbulkan sisik di kulit, kemerahan dan kering. Sedangkan eksim basah, kulit terlihat melepuh, bernanah dan bengkak.


P E N Y E B A B
Belum ada kepastian penyebab eksim. Mungkin disebabkan oleh imun atau daya tahan tubuh yang terlalu berlebihan dalam menangkal bakteri yang seharusnya gak berbahaya. Eksim juga ada pemicunya. Bisa jadi itu makanan, zat-zat alergen tertentu, dan stress juga bisa. Yang jelas, eksim tidak menular. Tapi bagaimanapun, gak enak juga dilihat kalo pas kencan tiba-tiba pacar melihat tangan kita sambil berbisik
"Yank...kamu kudisan?"
"Nggak kok Yank.."
"Lah ini..."
"Ini eksim Sayang.."
"Eksim? Apaan tuh? Tatoo model baru?"
"Ya gitu dweeeh...."
Gubrak!!
Eksim ini sangat kelihatan tidak keren jika menyerang tangan atau kaki. Sumpah. Eksim bisa meruntuhkan rasa percaya diri seseorang dalam sekejap.

P E N G O B A T A N
Eksim agak susah disembuhkan yah. Karena penyakit ini bersifat kambuhan, kayak penyakit gila. Mungkin dokter sudah memberi salep atau pil berjenis-jenis. Tapi jangan harap Eksim akan kabur dari tubuhmu selamanya. Suatu saat Eksim akan datang lagi dan menjadi mimpi buruk buatmu. So? Tujuan utama mengobati eksim adalah menghilangkan rasa gatal dan infeksi yang disebabkannya. Biasanya dokter udah tau kok..jadi silakan ke dokter dan berkonsultasi. Dokter akan memberikan semacam salep dan merekomendasikan untuk pengobatan selanjutnya.

T I P S   M E N C E G A H
1. Hindari perubahan suhu dan kelembaban yang mendadak. Hindari berjemur di panas matahari, terutama setelah berendam di air es.
2. Hindari berkeringat terlalu banyak.
3. Hindari Stress...( Beuugh, ini yang susah )
4. Hindari sabun yang berbahan keras ( Mis : Sabun Batu ), detarjen dan zat alergen lain...
5. Hindari makan makanan yang bisa memicu alergi. Tiap orang beda kan?
6. Bertobat dan berdo'a heheheh.....
7. Kalau gatal jangan digaruk yah...bisa merembet kemana-mana ntar. Baiknya dikompres aja pake kain dingin. Pokoknya hukumnya haram menggaruk bagian kulit yang gatal.
8. Rajin berobat.....



0 Response to "Waspada Eksim!"

Posting Komentar