Agatha Christie


Dulu banget, ane doyan banget baca novel-novel misteri atau thriller. Salah pengarang favorit ane adalah Tante Agatha Christie. Jadi kalau sedang berkunjung ke perpustakaan atau Book Store, pasti menyempatkan diri untuk hunting novel-novel Agatha Christie. Menurut ane, si Agatha Christie ini sangat jenius dalam mengolah cerita-cerita kriminal, sehingga ceritanya gak mudah ketebak. 
Agatha christie.pngSalah satu tokoh dalam novelnya yang saya suka yaitu Hercule Poirot. Detektif Perancis ini sangat piawai dalam mengungkap kasus-kasus pembunuhan yang penuh intrik dan teka-teki. Lantas ada lagi Miss Marple. Saya mulai tertarik dengan karya-karya Agatha Christie sejak saya membaca Pembunuhan Segitiga. Berawal  dari itu, saya mulai penasaran dengan karya-karya yang lainnya. Bukunya selalu tebel-tebel. Tapi  saya merasa nyaman membaca novel setebal itu. Membaca karyanya, serasa kita masuk dalam alam bawah sadar kita, diajak berpetualang menangani kasus-kasus rumit tentang pembunuhan.Beberapa buku sudah saya baca, dan semuanya berakhir dengan klimaks yang menakjubkan. 
Siapa sebenarnya Agatha Christie?
Ia terlahir dengan nama Agatha Miller. Sejak perang dunia I berkecamuk, ia menjadi seorang apoteker. Itulah kenapa ia sering mendiskripsikan pembunuhannya dengan menggunakan racun. 
Pada tahun 1926, ia sempat menghilang selama 11 hari dan mengaku mengalami amnesia sejak kematian ibunya. Banyak yang mengira hal itu dilakukan untuk publisitas semata. 
Pada tahun 1930 ia menikah dengan seorang arkeolog Inggris, Sir Max Mallowan, dan ia mengadakan perjalanan ke Timur Tengah, yang segera menjadi inspirasi beberapa novelnya.
Tahun 1972, ia dianugrahi gelar Dame Commander of The British Empire.
Berikut daftar karyanya :


Karya bersama:
  • 1931 The Floating Admiral ditulis dengan G. K. Chesterton, Dorothy L. Sayers dan anggota lain Detection Club.
Karya di bawah nama Mary Westmacott:
  • 1930 Giant's Bread
  • 1934 Unfinished Portrait Novel
  • 1947 The Rose and the Yew Tree
  • ( Sumber Referensi : Wikipedia.com )


0 Response to "Agatha Christie"

Posting Komentar