Oedipus Complex

Pernah dengar istilah ini gak? Oedipus Complex...agak susah nulisnya. Apalagi ngomongnya. Dulu-dulu sih sering dengar istilah ini. Setelah dicari-cari artinya ternyata ini berkaitan dengan psikologi. Tokoh yang mengemukakan pertama kali adalah Sigmun Freud. Ini adalah perkembangan di masa kanak-kanak yang menyukai secara seksual kepada orang tua yang berbeda jenis kelamin. Contoh, elo naksir ma bokap ato nyokap lo sendiri..( Idiiih...) Dan nama Oedipus ini diambli dari mitos Yunani yang terkenal, yaitu Oidipus yang tanpa diketahui apa sebabnya, membunuh bokapnya ( Laios ), kemudian ia kawin dengan nyokapnya.  ( Iokaste ). Tentu saja hal ini gak lazim sodara-sodara. Nyalahin kodrat iya. Tapi yang namanya gangguan psikologis, kita gak bisa tebak arahnya kemana. Para pelaku pasti anggap itu benar.

Sigmun Freud

Seiring berjalannya waktu, Oedipus Complex melebar maknanya yaitu kecendurangan seseorang ( khususnya pria ) untuk mencintai orang yang lebih tua banget, karena terobsesi dengan sosok Ibu/Ayahnya. Kalo di contoh real kita bisa liat kan kalo ada artis yang tiba-tiba jadian sama sosok yang lebih tua. Dulu-dulu ada Raffi Ahmad ma Yuni Shara...tapi sekarang si Raffi udah insyaf. Trus kalo mau liat di Hollywood, ada Demi Moore ma Ashton Kutcher. Kalo menurut ane, namanya cinta gak pandang usia ya. Biar brondong tapi kalo demen ma nenek-nenek, asal saling cinta, fine-fine aja.
Oedipus Complex ini mungkin disebabkan waktu kecil terlalu dekat ma Nyokap. Atau dikit-dikit Nyokap...dikit-dikit Nyokap. Buat kalian para cewek kalo kalian liat cowok yang manja, dikit-dikit perlu pertimbangan Nyokap atau bahkan orang lain, gak bisa mandiri...kudu ati-ati. Tapi gak bisa dipukul rata juga ding! Waspada aja. Sah-sah aja anak cowok deket dengan Nyokap asal gak keterlaluan. Saking dekatnya, salah-salah nanti kemana-mana ikut Mami. Trus pake pakaian mami. sepatu mami, dan lipgloss mami....idiiih...
Anyway, Oedipus Complex digolongkan sebagai kelainan pada psikologi. Masalah kesembuhan, itu tergantung pola pikir yang menjalani kali ya. Soalnya menurut ane, itu bukan penyakit. Asal yang ngejalani nyaman, Why not??

0 Response to "Oedipus Complex"

Posting Komentar