Danau Toba, Kaldera raksasa di Indonesia

Mister en Mistriss..
Kalau mendengar istilah Kaldera, pasti pikiran kita langsung tertuju ke gunung berapi. Yap! Kaldera merupakan fitur vulkanik yang terbentuk dari runtuhnya struktur tanah setelah letusan vulkanik. Kata Kaldera sendiri berasal dari Bahasa Spanyol yang artinya wajan. Mungkin karena bentuknya yang mirip wajan kali ya? Pembentukan kaldera ini disebabkan oleh kosongnya kantong magma yang berada di perut gunung, setelah terjadi letusan. Karena kosong, struktur tanah jadi tak kuat menahan beban, sehingga runtuh ke bawah membentuk patahan berbentuk cincin di sekitar kantung magma. Jika kegiatan vulkanik berlanjut, bagian tengah kaldera bisa naik dan membentuk kubah baru. Ini seperti yang terjadi pada Yellowstone dan Danau Toba. Kalo Yellowstone mungkin hanya bisa kita lihat pas jalan-jalan ke Amerika, tapi kalo Danau Toba, kita bisa melihat pas jalan-jalan ke Sumatra Utara.

Sepintas kalo kita lihat, Danau Toba adalah danau yang indah, tenang dan nyaman. Tetapi sesungguhnya di
balik semua itu, danau Toba adalah danau vulkanik yang menyimpan cerita dahsyat di masa lalu. Beribu-ribu tahun lampau, sebuah gunung raksasa meletus dan mengawali pembentukan danau ini. Letusannya bukan main-main. Bukan letusan sekelas Gunung Kelud atau Merapi, tetapi yang ini adalah letusan 'Super Volcano' yang membawa dampak mengerikan bagi kelangsungan hidup semua makhluk. Menurut contekan dari Wikipedia.com, diperkirakan material yang keluar adalah 2800 km kubik. Saya gak tahu sebesar apa material ini. Mungkin kalo ditimbun-timbun bisa bikin pulau baru. Sedangkan area yang rusak meliputi 20000 km persegi. Silakan diperkirakan sendiri luas areanya. Selain itu, letusan ini membawa kepunahan massal bagi beberapa spesies. Bahkan populasi manusia berkurang sampai 60 % yang saat itu sekitar 60 juta jiwa. Dahsyat gak? Bandingkan dengan senjata pemusnah massal, bom atom Nagasaki dan Hiroshima.
Letusan dahsyat itu menimbulkan kaldera, yang kemudian terisi air, dan tekanan ke atas oleh magma memunculkan sebuah pulau yang kita kenal dengan Pulau Samosir.
Tentu saja kita tidak bisa menggambarkan secara detail bagaimana Gunung Toba ini memuntahkan materialnya. Sedikit ilustrasi saja, coba lihat Film 2012 pas adegan Yellowstone meletus, memuntahkan batu-batu berapi segede gajah, menghujani apa saja di sekitarnya. Sudah dapat dipastikan, dunia akan mengalami bencana global apabila Danau Toba tiba-tiba meledak mengeluarkan lavanya. Entah berapa tahun lagi ya? Wallahualam.

0 Response to "Danau Toba, Kaldera raksasa di Indonesia"

Posting Komentar