Virus : Makhluk Hidup atau Bukan??

Mister en Mistress..

Bagian-bagian tubuh Virus
Sadar gak kalo kita hidup di dunia yang penuh virus?  Di sekitar kita, bertebaran virus-virus yang tak kasat mata yang siap menginfeksi kita kapan saja. Sejatinya, virus adalah parasit yang berukuran mikroskopis yang menginfeksi makhluk hidup. Mungkin virus ini sudah ditakdirkan jadi makhluk jahat, karena dia tidak bisa hidup sendiri, melainkan memanfaatkan sel-sel hidup untuk berkembang biak. So, dengan kata lain, kalo kita terinfeksi virus tertentu, maka sel-sel hidup kita akan digerogoti oleh makhluk kecil bernama virus ini. Jahat bukan? Enak di dia gak enak di kita....
Sampai sekarang, posisi virus dalam ilmu sains masih dalam perdebatan. karena tidak jelas apakah dia masuk benda mati atau makhluk hidup. Ia berada di antaranya. Ia hidup dan berkembang biak apabila berada dalam sel hidup dan memanfaatkan sel-sel itu sebagai inangnya. Sebaliknya jika virus berada di luar sel hidup, ia tidak bisa menjalankan fungsi biologisnya. So..itulah keunikan virus. Sayangnya virus ini mempunyai reputasi yang sangat buruk bagi kelangsungan hidup makhluk hidup. Jutaan manusia kehilangan nyawa karena virus. Ebola, AIDS, Flu burung, semuanya dipicu oleh virus. Virus Mozaic pada tembakau juga diinfeksi oleh virus. Belum lagi penyakit pada binatang-binatang. Parahnya, virus ini bisa memodifikasi dirinya menjadi varian yang berbeda. Saya curiga, jangan-jangan dia itu punya akal. Atau mungkin mereka punya Persatuan Virus dan bersekongkol untuk menghancurkan umat manusia. Serem kan?
Oya, kata 'virus' ini berasal dari Bahasa Latin, virion, yang artinya racun.  
Sejak pertama virus ditemukan, beberapa ilmuwan seperti Louis Pasteur dan Robert Koch berusaha untuk membuat anti-virus. Setelah melalui berbagai penelitian dan proses yang panjang, dan setelah melalui tahap penyempurnaan, para ilmuwan berhasil membuat beberapa anti virus. Sayangnya, tidak semua anti-virus bisa berhasil 'membunuh' virus. Virus adalah sesuatu yang tidak bisa dibunuh. Obat-obatan diberikan hanya untuk menghambat perkembangannya saja. Biasanya kita juga mengenal istilah vaksinasi, yaitu upaya memasukkan virus yang sudah dilemahkan ke dalam tubuh, untuk merangsang pembentukan antibodi untuk melawan virus yang sesungguhnya. 
Untuk mencegah virus sendiri, hal yang mutlak perlu dilakukan adalah menghindari kontak dengan orang yang terinfeksi virus. Tentu saja ini bukan berarti mengucilkan, melainkan menghindari hal-hal yang bisa mengakibatkan melalui berbagai media. Penyebaran virus tidak identik dengan kontak fisik dengan penderita,. Kalau mau bukti, sekarang coba dekati teman yang sedang flu, kemudian ngobrol-ngobrol saja dengan dia. Kalau suatu saat dia bersin, tetap aja didekatnya. Lihat reaksi pada tubuh beberapa hari kemudian. Kalau badan kalian terasa gak enak-enak, trus pusing dan bersin, tidak menutup kemungkinan kalian juga sudah terinfeksi virus melalui udara. Virus ini cerdas lho. Dia tidak hanya menginfeksi seseorang dengan satu cara saja, tetapi dengan bermacam-macam cara. Luar biasa ya...cara kerjanya mirip kayak setan.
Trus juga terapkan pola hidup sehat, mencuci tangan dan makanan bergizi. Virus bisa dicegah kok, jadi walau virus mengintai kita setiap saat, Don't worry....siapkan penangkalnya!

0 Response to "Virus : Makhluk Hidup atau Bukan??"

Posting Komentar